Pantai Tirtamaya Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu – Kabupaten Indramayu adalah sebuah kabupaten yang termasuk dalam bagian wilayah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di selatan, Kabupaten Subang di barat dan Laut Jawa di bagian utara. Karena wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa tak mengherankan jika banyak wisata pantai yang bia kita kunjungi di Indramayu.

Wisata pantai dapat dibilang menjadi andalan Kota Indramayu pada sektor pariwisatanya. Terdapat beberapa destinasi pantai yang indah nan eksotis yang bisa sobat kunjungi. Diantara pantai-pantai terkenal di Indramayu diantaranya Pantai Tirtamaya, Pantai Cibugel, Pantai Mangrove, Pantai Tiris, Pantai Karang Song, Pantai Balongan Indah, Pantai Rembat, serta Pantai Glayem.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengupas salah satu wisata pantai andalan di Indramayu yaitu Pantai Tirtamaya. Penasaran seperti apa keindahan dan informasi dari pantai yang satu ini? Langsung saja simak pembahasan selengkpnya berikut ini.

Lokasi Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya berada di Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jika ditempuh dari pusat kotanya berjarak sekitar 20 km, sehingga menghabiskan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Jika ditempuh dari arah Cirebon jaraknya sekitar 40 km atau menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Akses menuju pantai ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya Indramayu-Cirebon. Untuk transportasi yang dapat digunakan menuju pantai yang satu ini yaitu menggunakan motor, mobil, dan kendaraan lainnya.

Keindahan Pantai Tirtamaya

Panorama keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi karena pantai ini merupakan destinasi paling populer di Kota Indramayu. Pantai Tirtamaya memiliki warna pasir seperti pantai utara pada umumnya yaitu berwarna putih kecoklatan. Pada beberapa sisi pantai tidak terdapat pasir karena berupa beton pemecah ombak.

Untuk ombaknya sendiri cukup tenang dan tidak terlalu besar. Apalagi terdapat batu-batu pemecah ombak yang berderet sejauh puluhan meter dari bibir pantai menjadikan pantai ini aman untuk bermain air dan berenang anak-anak. Air lautnya sendiri cukup jernih dan biru seperti kondisi pantai utara pada umumnya.

Pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena nyaman dan terasa begitu damai. Selain itu pantai ini juga cocok bagi muda-mudi, apalagi disaat matahari tenggelam suasana terasa begitu romantis. Sunset di Pantai Tirtamaya nampak begitu indah dan mempesona.

Di sini pengunjung dapat berjalan-jalan menyusuri pantai dengan nyaman karena di beberapa bagian telah dibangun fasilitas bagi pejalan kaki. Bagi yang mager untuk jalan dan lebih memilih melihat pesona Pantai Tirtamaya dapat bersantai di gazebo-gazebo dan warung-warung di sepanjang pantai.

Fasilitas Pantai Tirtamaya

Untuk menunjang pengalaman berwisata pengunjung agar lebih nyaman dan aman, pengelola Pantai Tirtamaya telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung diantaranya sebagai berikut.

  • Tempat parkir yang luas
  • Kamar mandi yang bersih
  • Warung-warung di sepanjang pantai
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Tempat sampah
  • Denah wisata
  • Penyewaan ban dan mainan anak

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat masuk dan menggunakan fasilitas tambahan di Pantai Tirtamaya sobat tidak perlu merogeh gocek dalam-dalam. Berikut ini adalah harga tiket masuk dan penyewaan fasilitas tambahan di Pantai Tirtamaya.

  • Tiket hari biasa dewasa Rp 10.000, anak-anak Rp 6.000
  • Tiket hari weekend dewasa Rp 12.000, anak-anak Rp 7.000
  • Buang air kecil Rp 2.000
  • Buang air besar Rp 3.000
  • Sewa tikar Rp 10.000
  • Naik perahu dewasa Rp 10.000 anak Rp 5.000

Foto-Foto Pantai Tirtamaya

Berwisata nampaknya kurang lengkap kalau belum mengabadikan momen yang indah di Pantai Tirtamaya. Berikut ini adalah foto-foto yang menggambarkan keindahan Pantai Tirtamaya Indramayu.

Ulasan Pengunjung

  • Hilman Muttaqin Gunawan : Lumayan lah buat sekedar bersantai. Sayang masih banyak sampah berserakan, ombaknya tenang, airnya seperti di pantai2 pantura pada umumnya.
  • Farricha Icha : Kereeen, banyak abang jajanan juga, harga jajanan standar, tiket masuk juga murah, parkir kendaraan pas banget didepan pantainya mantap.
  • Sumardi Dedi : Lumayan tempatnya cukup bersih dan tidak terlalu jauh dari jalan raya, tiketnya juga sangat terjangkau ada ikan bakar juga loh.
  • Alfaenal Aal : Untuk kaum muda mungkin lebih asyik menikmati pantai pada sore hari, sunsetnya indah pas untuk berbincang dengan teman. Bermain bersama si kecil ditepi pantai juga menyenangkan, seperti bisa bermain air dan membuat istana pasir. jangan takut kelaparan karna ada banyak penjual makanan disini. vasilitas umum seperti kamar kecil dan musholla juga ada. Untuk yg ingin menikmati suasana pantai yg tenang, saya sarankan datang pada saat hari kerja atau weekend biasa. karna pada saat libur nasional pengunjungnya sangat banyak.
  • Iza Ahmad : Air pantai keruh karena memang jenis pasir pantainya berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan jawa. Lebih baik mengunjunginya di waktu pagi (jam 6-9) untuk menikmati ketenangan dan matahari belum terik. Banyak persewaan tikar 10rb, pelampung karakter (handmade).
  • Boma Gendhenk : Sebagai salah satu tempat yang bekas diajangkan untuk beberapa cabang asean games kini telah mengalami banyak sekali perbaikan dan inovasinya, berbeda sekali akan halnya ketika dulu pertama kali saya berkunjung kesini masih tak teratur dan sungguh tak terawat, kini tampilannya woooooww… banget dan keren abiz, arena permainan buat anak2 juga kini telah banyak disediakan.

Itu tadi informasi pesona keindahan Pantai Indramayu yang wajib kamu kunjungi jika ke Kota Indramayu. Semoga info yang dibagikan dapat bermanfaat dan menjadi refrensi liburan sobat.

Selamat Berwisata!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here