Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan, siapa coba yang tidak kenal dengan pantai indah yang satu ini. Bagi traveller sejati pasti pernah mendengar namanya dan juga pasti pernah mengunjunginya. Walaupun pantai ini belum seterkenal Goa Gong dan juga Pantai Teleng Ria yang berada di pusat Kota Pacitan, tapi dijamin keindahannya tida duanya.

Pacitan memang kaya akan potensi wisata alam. Wilayah geografisnya yang berbatasan dengan Laut Selatan atau yang lebih dikenal dengan Samudra Hindia menjadikan Kabupaten Pacitan ini memiliki destinasi wisata pantai. Dari sekian banyak pantai di Pacitan, salah satu pantai terindah dan paling banyak dikunjungi wisatawan baik wisata lokal maupun luar daerah yaitu Pantai Klayar.

Berikut ini adalah info selengkapnya mengenai Pantai Klayar meliputi lokasi, keindahan, harga tiket masuk, fasilitas, dan foto-foto pantai yang wajib untuk sobat ketahui jika mau berlibur ke sana.

Lokasi Pantai Kalayar

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Jika dari pusat Kota Pacitan jaraknya sendiri sekitar 34 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam. Sedangkan dari Kota Yogyakarta untuk sampai di Pantai Klayar ini memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 93 kilometer.

Untuk akses jalan menuju Pantai Klayar, sobat harus berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan karena jalannya yang berkelok serta naik turun walaupun jalannya sudah cukup baik. Jalannya sangatlah lebar, jadi tidak usah khawatir jika berpapasan dengan mobil atau bus. Pemandangan yang ditawarkan ketika perjalanan menuju pantai juga sangat amazing.

Untuk menuju ke Pantai Klayar sendiri belum ada kendaraan umum yang memiliki rute ke sana, jadi apabila sobat ingin berlibur ke Pantai Klayar diharapkan menggunakan kendaraan pribadi.

Perlu diperhatikan juga, disarankan sobat memilih jalan masuk dengan plang yang tertulis dari Dinas Perhubungan karena terdapat beberapa jalan alternatif menuju Pantai Klayar yang mana jalannya cukup sempit dan kurang bagus.

Keindahan Pantai Klayar

Keindahan dari Pantai Klayar memang tidak perlu diragukan lagi. Seperti pantai laut selatan pada umumnya, pantai ini memiliki air yang sangat jernih dengan ombak yang cukup besar. Pantai ini memilik pasir berwarna putih dan juga tebing-tebing karang yang menjulang tinggi.

Jika pantai-pantai di Indonesia kebanyakan kurang bersih dan banyak sampah yang berserakan, Pantai Klayar ini terbilang cukup bersih walaupun tak jarang juga terdapat pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan.

Pantai ini memang sangatlah cocok untuk kaula muda dan juga orang-orang dewasa yang ingin merefreshing pikirannya dari rutinitas sehari-hari. Akan tetapi jika sobat membawa anak perlu mendapat pengawasan ekstra. Pasalnya pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan dilarang keras untuk berenang di sana.

Jika hobi foto-foto, sobat datang ke tempat yang tepat. Tempat wisata ini sangat cocok untuk hunting foto dan sering dijadikan latar belakang foto preweding. Tentunya jika ingin leluasa berfoto, disarankan untuk berkunjung di pantai ini disaat Week Day, karena disaat Week End atau hari libur pantai ini seperti pasar yang penuh akan pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pantai Klayar cukuplah terjangkau. Untuk orang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 dan untuk anak-anak yaitu Rp 5.000. Apabila sobat ingin melihat seruling samudera yang keren banget, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500.

Untuk sewa ATV sobat dikenakan biaya sebesar Rp 75.000 per setengah jam dan Rp 100.000 per satu jamnya.

Jika sobat menggunakan bus atau mobil yang mana parkirnya cukup jauh dari lokasi pantai. Sebagai alternatif supaya tidak perlu jalan kaki sejauh 200 meter, sobat dapat naik ojek dengan tarif Rp 5.000.

Untuk biaya parkir sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Untuk penginapan sendiri cukup banyak dengan harga yang bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribuan tergantung fasilitasnya.

Fasilitas di Pantai Klayar

Untuk menambah kenyamanan para wisatawan, pengelola pantai telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas yang telah dibangun di Pantai Klayar antara lain sebagai berikut.

  • Tempat parkir di beberapa titik.
  • Warung makan dan toko souvenir.
  • Home Stay atau penginapan.
  • Toilet yang bersih.
  • Penyewaan ATV.
  • Penyewaan tikar.
  • Spot-spot foto kekinian.
  • Pagar pengaman.
  • Aula.
  • Jalan beraspal yang lebar.

Foto-Foto Pantai Klayar

Itulah foto-foto keren dari para pengunjung Pantai Klayar. Tempat wisata yang satu ini memang tidak akan mengecewakan kalau urusan untuk berfoto ria.

Kesan Pengunjung Pantai Klayar

  • Norma Rosinta : Yess disini itu pantainya view nya wowwwww cucok meong cantiknyaaaa.apalagi spot yg bebatuan di pinggir pantai itu menambah eksotis. wajib bgt foto ootd pke baju kece biar bisa upload foto ala2. heee. Ohya akses jalan uda oke mulus mobil bis bisa masuk parkir luas. memang dr parkiran ke tepi pantai hrus jalan kaki krna jalan yg turun tajam tapi yakin gak jauh kok. Yg g mau jalan kaki tenaaang ada bapak ojek yg siap mngantr byr 5000. Pantai bersih, pasir putih. ayok explore pacitan.
  • Liana Tayana : Destinasi pantai di Pacitan yang bagus banget. Akses ke pantainya mudah. Ramai pengunjung sehingga untuk masuk ke area pantai harus antri..apalagi saat hari libur..susah sekali mendapatkan tempat parkir. Pantainya bagus..spot untuk fotonya banyak dan indah. Di areal pantai pun banyak terdapat kamar mandi sehingga kita gak repot kalau mau bilas badan setelah bermain di pantai. Banyak terdapat tempat makan juga souvenir. Kekurangannya jalanan yang cukup menanjak dari areal parkir ke pantai. Namun gak perlu kuatir karena tersedia banyak ojek yang akan mengantar kita naik atau turun dari areal parkir ke pantai. Walau banyak pengunjung tetapi pantainya cukup bersih dan aman buat anak2 bermain.
  • Rendra Seramania : Pengelolaannya sangat bagus, keamanan terjamin.
  • Siti Nor Indah Sari : Pantai yg bagus, kalo kesini cocok nya sore hari. Karna kalo siang terlalu panas
  • Fathul Anwar : Pemandangan laut yg indah dan ramai pengunjung luar negri dan lokal

Pertanyaan Umum Mengenai Pantai Klayar

Pertanyaan dan jawaban di bawah ini diambil dari fitur tanya jawab Google Maps.

1. Apakah jika dari Jogja memakai big bus bisa langsung parkir di pantai?

  • Kalau parkir di pantai tidak bisa,,karena tempat parkir bus ada tempat parkirnya sendiri di atas. tempat parkir bus dan pantai tak lumayan jauh, tp tenang disana disediakan ojek yg siap untuk mengantar dr pantai sampai tempat parkir
  • Parkir bis bisa sampai parkiran bus pantai Klayar, tapi hati2 apabila dicegat sm oknum yg mengaku petugas menyuruh diparkirkan di Terminal Punung (belokan ke arah Goa Gong) karna sering muncul disaat liburan.
  • Saya bulan febuari ini pakai bus isi 31 orang bisa parkir di tempat parkir jalan kaki dikit atau naik ojek ke pantai bawah.

2. Saya mau rombongan, Apakah boleh bermalam pake tenda di sekitar pantai? Karna saya nyampe nya malem Sekitar pukul 00:00 wib. Terima kasih.

  • Bisa mas. Aku tempo hari juga pasang tenda di bibir pantai di pasir putihnya mas. Cuman jangan terlena tetap waspada karena kita tidak tau cuaca bisa berubah kapan saja.
  • Boleh gan asal jaga kebersihan, ketertiban. Hehehe

3. Apakah ada penginapan di sana dan kira” kena berapakah perhari?

  • Banyak homestay di deket Pantai… Harga variasi… 250-500 tergantung fasilitas yg di dapat.

4. Kak sinyal tree dan im3 ada nggk di pantai klayar?

  • Yang rata-rata bisa cuma Telkomsel.
  • Kalau di pinggir pantainya kayaknya semua operator sulit dihubungi, karena lokasinya mmg agak kebawah ya.

5. Cocok buat anak2 kecil kah? Apa terlalu bahaya karena ombaknya besar?

  • Kalo dibilang gak cocok gak mungkin karena disana kebanyakan pada bawa anak kecil yg penting itu perhatian orang tua keanaknya yang lagi main dipantai. Pantai dimanapun sama ombaknya itu tergantung kondisinya saja.
  • Sebenarnya cocok-cocok aja. Cuman berisiknya minta ampun. Kalau buat anak kecil yang suka main pasir sekalian berenang, jangan ke sana sih saran saya.

Itulah sedikit informasi tentang Pantai Klayar Pacitan yang dapat dibagikan. Semoga info wisata yang disajikan dapat menjadi refrensi liburan bagi sobat dan dapat bermanfaat.

Beli ketan haruslah membayar, jika lewat Kabupaten Pacitan jangan lupa mampir ke Pantai Klayar.

Selamat Berwisata !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here