pantai buyutan

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang wilayahnya berada di Provinsi Jawa Timur. Secara geografis Kabupaten Pacitan wilayahnya berbatasan dengan 3 kabupaten lainnya yaitu kabupaten Ponorogo di sebelah utara, Kabupaten Trenggalek di sebelah Timur dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) pada sebelah barat. Sedangkan pada bagian selatan Kabupaten Pacitan wilayahnya berbatasan langsung dengan samudra hindia. Karena berbatasan langsung dengan laut selatan, maka tak heran apabila di sepanjang perairan Pacitan ini terdapat pantai-pantai yang cukup menarik untuk kita kunjungi. Salah satu dari beberapa pantai di Pacitan yang akan kita ulas kali ini yaitu Pantai Buyutan.

Baca Juga : Pantai Klayar Pacitan

Pantai Buyutan merupakan salah satu wisata pantai andalan Kabupaten Pacitan yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Di pantai ini pengunjung akan di manjakan dengan panorama alam di sekitar pantai dengan berbagai macam tanaman pohon rindang yang hijau. Tidak hanya itu saja yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, meliankan di Pantai Buyutan ini terdapat sebuah batu karang raksasa dari berbagai macam bentuk yang berdiri gagah di tengah laut. Batu inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Buyutan.

Dari beberapa batu karang tersebut jika di lihat dari area atau spot tertentu maka kita akan melihat seperti sebuah kapal. Selain itu terdapat juga batu yang mirip dengan Mahkota Raja. Menurut mitos yang di ceritakan oleh masyarakat setempat, batu ini dahulunya merupakan mahkota dewa Narada yang jatuh ketika sedang terbang di kawawasan tersebut.

Lokasi Pantai Buyutan

Secara Administratif Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Akses jalan menuju pantai ini tidaklah sulit hanya saja terdapat beberapa titik jalan yang belum teraspal yaitu masih jalan rabat/makadam.

Rute Menuju Pantai Buyutan

Jalur termudah untuk ke pantai Buyutan yaitu melalui jalur ke Goa Gong. Lebih tepatnya di pertigaan Punung (Barat POM bensin Punung) silahkan Anda ikuti jalur utama menuju Goa Gong. Selanjutnya saat Anda sampai di kompleks Goa Gong silahkan di ikuti jalur menuju ke Desa Kalak. Sesampainya di perempatan balai Desa Kalak silahkan ambil jalur kiri dan jalan terus hingga menemukan jalan pertigaan setelah pasar Kalak, Ambil jalur kanan dan ikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Buyutan.

Sebelum Anda melihat panorama Pantai Buyutan Anda akan di suguhkan dengan pemandangan area persawahan milik warga sekitar yang indah. Sesampainya di ujung jalan inilah Anda akan melihat panorama alam Pantai Buyutan.

Daya Tarik Pantai Buyutan

Pantai Buyutan ini sendiri juga memiliki keunikan dan daya tarik sendiri loh yaitu terdapat nya batu karang berbentuk mahkota dewa. Menurut dongeng yang beredar dikisahkan bahwa mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas pantai dimana mahkota itulah batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Selain itu pantai ini juga menyajikan berbagai keindahannya, mulai dari air laut yang jernih, butiran pasir putih yang terhampar luas, dan keindahan karang yang eksotis. Di pantai ini terdapat banyak pohon-pohon rindang yang dapat digunakan untuk berteduh.

Jika ingin melihat matahari tenggelam atau sunset, pantai ini sangat bisa diandalkan karena matahari tenggelam akan terlihat begitu sempurna dengan warna kuning keemasannya.

Berwisata memang tidak lengkap jika belum mengabadikan momen liburan yang menyenangkan. Background panorama yang terdapat di Pantai Buyutan dijamin akan memuaskan Anda ketika berfoto ria.

Fasilitas Pantai Buyutan

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Tukang ojek
  • Warung makan
  • Sewa tikar

Harga Tiket Masuk

Untuk hari biasa alias hari kerja dari Senin – Jum’at, anak-anak dikenakan tarif sebesar 2 ribu rupiah per kepala dan orang dewasa 3 ribu rupiah per kepala. Sedangkan ketika weekend atau tanggal merah dan liburan lainnya, anak-anak dikenakan tarif 3 ribu rupiah dan orang dewasa 5 ribu rupiah per kepala. Operasional yang di buka selama 24 jam non-stop sehingga pengunjung dapat menikmati waktu lebih leluasa di Pantai yang sepi dan asri ini dengan tetap menjaga kebersihan, menjaga kelestarian alam dan ekosistemnya serta kewaspadaan masing-masing.

Foto-Foto Pantai Buyutan

Berikut ini adalah foto-foto dari para pengunjung yang mengabadikan momennya di Pantai Buyutan Pacitan.

Ulasan Para Pengunjung

  • Atika Chairunnasoha : Pantainya gak kalah bagus sama pantai Pacitan lainnya, airnya jernih, dan masih agak sepi jd seperti pantai pribadi. Akses jalan menuju pantai masih banyak yg berlobang jd harus ekstra hati hati. Jalan turun menuju pantai sudah disediakan, Pasir putihnya sangat tebal, banyak hewan laut yg bisa diamati lbh dekat krn airnya jernih, tp tetap harus hati” karena banyak bulu babi, Fasilitas parkir, mushola, dan toilet sudah ada, buat yg gakuat jalan kaki ke atas bisa naik ojek. Tetap buang sampah pd tempatnya ya😊👍
  • Putri Yunisda : Salah satu destinasi wisata yang patut dicoba. Pantainya bagus luar biasa, berada di pinggir tebing. Kalo aku saranin buat yang mau kesini mending parkir di atas aja, soalnya bisa sekalian foto di jembatan menuju pantainya, selain itu juga untuk faktor keamanan karena jalan menuju ke pantai setelah parkiran atas agak curam, gak jarang rem blong untuk sepeda matic pas kesana juga sempet ada yg jatuh jadi prefer lebih aman parkir atas aja sekalian jalan jalan liat pemandangan. Parkirnya murah cukup 5 ribu rupiah dan tiket masuk 5 ribu rupiah. Di sana juga udah banyak warung2 es degan dan makanan jadi gausah khawatir kelaparan. Mungkin saran untuk pengelola dan dinas pariwisata untuk lebih memperhatikan kebersihan pantai dengan memberi lebih banyak tong sampah dan himbauan agar pengunjung membuang sampah di tempat sampah karena pantainya jadi kotor dengan bungkus plastik sisa makanan, dan itu sayang banget. Sangat mengganggu keindahan pantai.
  • Ukoklele : Pantai yang indah di Pacitan. Butuh perjuangan untuk bisa sampai kesana, karena akses jalan yang begitu sempit dan tidak akan muat untuk bus Pariwisata. Jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun menjadi rintanan tersendiri bagi kita yang ingin berkunjung kesana. Namun setelalah melalui semua rintangan tersebut, kita akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang indah dan ombak kecil yang menari-menari seakan mengajak kita bermain kesana. Saat malam minggu biasanya banyak pengunjung yang Camp disana dimalam hari, jadi pantai ini tidak pernah sepi dan akan terus dikunjungi wisatawan walaupun banyak rintangan untuk bisa sampai disana.
  • Punya Saya : Pantainya recomended bangett. airnya jernih banget pasirnya putih. dideket pantai juga ada warung warung kecil harganya juga terjangkau, bisa sewa tikar buat nyantai dipinggir pantai 5k doang. pemandangannya bagus banget gilak parah sihhh love bgt😘
  • Berlian Healthy Kusumawardhani : Pantainya keren banyak spot² cantik buat ajang foto. Masih terasa alami. Dari pintu utama masih ada turunan tajam, tp banyak ojek yg siaga buat antar jemput 😊👍

Itulah sedikit informasi mengenai Pantai Buyutan Pacitan yang sangat mempesona. Jika ke Pacitan jangan lupa untuk mampir ke obyek wisata yang satu ini.

Selamat Berwisata !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here